Sun, Jan 20, 2019 4:39 PM

Bara - Surat Terakhir Seorang Pengelana

Bara


#rekomendasikaumurban Novel "Bara - Surat Terakhir Seorang Pengelana"
.
Membaca novel ini seolah menyelami kehidupan dari sang tokoh utamanya, yang bernama Bara. Bahwa hidup adalah sebuah perjalanan, dan sebuah pencarian dari sebuah ketenangan hati.
.
Kehidupan keluarga Bara, yang jauh dari kata sempurna, tak mengenal kasih sayang ayah ibu dari kecil, hingga akhirnya ia harus memutuskan untuk keputusan penting ketika masih remaja.
.
Kehidupan cintanya pun sama. Indah namun penuh dengan kisah pilu. Romantika remaja.
.
Namun, meski urakan, liar dan seolah tak tentu arah hidup, Bara tetap mempunyai banyak teman yang perhatian kepadanya.
.
Dan di suatu titik dalam hidupnya, Bara akhirnya memutuskan untuk pergi berpetualang, sembari tetap menulis kisah-kisahnya untuk media massa. Dan pada suatu titik dalam pengembaraannya, Bara akhirnya berkecimpung menjadi seorang relawan di kaki gunung Ciremai.
.
Novel ini menarik untuk dibaca. Meski sebenarnya dari judul kita sudah tahu kemana arah hidup sang tokoh utama namun dari namun novel ini kita diajak untuk selalu bersikap optimis. Dan seberapa pun jauh kita kehilangan arah, akan selalu ada keluarga atau teman yang akan mendukungmu.

Secara pribadi, saya suka dengan pesan bahwa untuk selalu mendahulukan safety di dalam pendakian, terutama ketika adegan relawan memarahi seorang pemuda dimana karena "kesoktahuannya" akhirnya membuat rombongan itu tersesat dan nyaris mengalami kejadian yang sangat buruk.
.
Dan bahwa dalam perjalanan, kita bisa menemukan hal yang tidak mengenakkan. Bahkan itu bisa datang dari teman kita sendiri.
.
Lantas siapa pemuda yang diomeli itu? Hal tidak mengenakkan apa yang ditemui? seperti apa jalan kisah bara? Yo silahkan temukan sendiri jawabannya di Novel ini.
.
Novel Bara kini sudah tersedia kok di seluruh toko buku Gramedia. Harga 89ribu.
.
So yang berminat, mari beli bukunya, sekaligus mendukung penulis lokal kan ^^


Sumber : instagram @urban.hikers