Wed, Jul 18, 2018 2:12 AM

Gunung Fuji : Sang Simbol Negeri Matahari Terbit

dok. qz.com


#mountpedia Selain bunga sakura, gunung Fuji juga dianggap sebagai simbol dari Negara Jepang. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Jepang yang terletak di perbatasan Prefektur Shizuoka dan Yamanashi, di sebelah barat Tokyo.

Letak persisnya dekat pesisir Pasifik di pusat Honshu. Gunung Fuji dikelilingi oleh 3 kota yaitu Gotemba (timur), Fuji-Yoshida (utara) dan Fujinomiya (barat daya). Gunung setinggi 3.776 meter di atas permukaan laut ini dikelilingi oleh lima danau yang bernama Saiko, Shojiko, Yamanakako, Motosuko, serta Kawaguchiko.

Pada tahun 2013, UNESCO menetapkan gunung ini sebagai salah satu warisan dunia. Gunung Fuji diperkirakan terbentuk sekitar 10.000 tahun yang lalu. Sebuah gunung berapi yang kini masih aktif walaupun memiliki kemungkinan letusan yg rendah.Terakhir kali meletus tahun 1707–1708.

Gunung Fuji sebenarnya terdiri dari tiga gunung berapi yang terpisah namun saling berada di atas satu sama lain. Gunung yang terbawah adalah gunung Komitake, diikuti oleh gunung Kofuji dan yang teratas adalah gunung Fuji yang menjadi gunung termuda dari ketiganya.

Gunung Fuji dikeramatkan oleh penduduk Jepang. Bahkan banyak yang masih mempercayai disana bersemayam dewa-dewi. Selain itu, dipercayai juga ada makhluk yang dinamakan Sokou.

Di sebelah barat laut gunung Fuji terdapat lokasi wisata hutan yang terkenal di jepang, yaitu hutan Aokigahara. Terkenal karena apa? Pertama dikenal sebagai “lautan pohon gunung Fuji”, disebut demikian karena jika angin meniup pepohonan di sana akan terlihat seperti keadaan ombak di laut. Kedua karena usia hutan disana sekitar 1200 tahun. WOW BANGET KAN…

Dan ketiga, yang membuatnya semakin dikenal karena merupakan tempat bunuh diri paling populer di Jepang. Dan hutan ini merupakan inspirasi dari banyak film dan manga jepang, terutama yang bergenre horor.

Diperkirakan sekitar 200.000 orang mendaki ke gunung Fuji setiap tahunnya, 30 % diantaranya merupakan wisatawan mancanegara. Waktu yang paling dianggap pas mendaki adalah dari 1 Juli hingga 27 Agustus.

Jika kalian ingin hiking atau traveling kesana, berikut ada beberapa referensi website yg bisa kalian jadikan petunjuk :
1. www.infojepang.net/bus-ke-gunung-fuji-dan-kawaguchiko/
2. www.infojepang.net/tips-hemat-berkeliling-gunung-fuji-hakone/
3. travelesion.com/recommend/index.php/2016/04/21/bingung-akses-ke-gunung-fuji-coba-ikuti-petunjuk-ini/

Sekian infonya, kurang lebihnya semoga dapat bermanfaat.

Referensi tulisan :
- Wikipedia
- akibanation.com


Sumber : instagram @urban.hikers