Wed, Jul 18, 2018 2:12 AM

Persiapan Sebelum Ngetrip : Peralatan, Pencarian Informasi Hingga Shock Culture

dok. @urban.hikers


#mountpedia Sobat, Jika ingin ngetrip, jangan hanya bermodalkan tekad saja. Persiapkanlah juga segala sesuatunya, baik itu dari segi perlengkapan atau sekedar menjaga kondisi fisik. Nah berikut ada beberapa tips ala kaum urban bagi kamu yang ingin bepergian :

 

1.Rencanakan jauh-jauh hari : Persiapkan keberangkatan dengan baik, mulai dari mencari tahu tentang ongkos transport/harga tiket masuk, info tentang destinasi yang dituju, maupun penginapan. Persiapan mengatur waktu dan ijin dengan orang tua/pasangan/kantor juga perlu dipersiapkan, agar tidak ada kesalahpahaman kedepannya hihihi..

2.Buatlah rincian anggaran, selalu ingat untuk tidak kalap dalam belanja.

 

3.Bawalah barang yang benar-benar diperlukan dalam perjalanan. Jangan judulnya bepergian dalam satu hari namun yang dibawa isi satu lemari.

 

4.Taatilah peraturan tempatmu berpijak, seaneh apapun itu. Ingat masuk kandang kambing mengembik, masuk kandang kuda meringkik. Dan jangan lupa selalu bawa identitas diri.

 

5.Selalu lakukan riset terhadap tempat yang akan dituju. Baik bertanya melalui teman, mbah google, media sosial. Beberapa grup di media sosial ada yang interaktif kok soal ini. Pemahaman akan jalur, letak air, kondisinya saat musim kering bagaimana, harga tiket masuk, transport. Karena meskipun memiliki kesamaan bentuk, tiap gunung memiliki perbedaannya tersendiri. Dan itu sesuatu yang akan kalian pelajari nilainya dalam perjalanan nanti.

 

6.Gunakan alat komunikasi (HP) seperlunya, terutama saat mendaki. Jika ada bawalah powerbank/solar cell. Yah bagaimanapun, komunikasi itu penting.

 

7.Jangan berpenampilan terlalu menor,menarik perhatian penjahat. Semisal make kalung emas di jidad, membawa permata digantung di tas, make jam dinding di leher. Jangankan penjahat,orang gila pun akan berusaha mendapatkan kalian .

 

8.Dan kalau bingung, selalu beranikan diri buat bertanya. INGAT,malu bertanya sesat di jamban eh jalan.

 

Rencanakanlah perjalananmu sejak jauh-jauh hari, agar terasa lebih nyaman, aman dan menikmati tiap detik perjalanan. Dan tentu bisa memperhitungkan pengeluaran dengan baik. Kurang lebihnya semoga dapat bermanfaat ya sob informasinya dan selamat berencana. 


Sumber : instagram @urban.hikers