Fri, May 25, 2018 9:27 PM

Perhatikan Selalu Kondisi Tendamu (Tips dan Trik Merawat Tenda Selama Perjalanan)

dok. instagram @besokcerah


#mountpedia Selama perjalanan, kadang kita kurang memperhatikan keberadaan tenda kita. Sebenarnya dari awal mula perjalanan, kita bisa memanjakan tenda yang kita miliki. Berikut tips dari kami :

Saat Packing :
Banyak yang memilih untuk membawa tenda sudah dengan tempatnya. Tidak salah kok, namun jika soal efisiensi tempat, mungkin sebaiknya bagian dalam tenda dilipat dan dimasukkan terpisah ke dalam tas. Untuk frame bisa kalian masukkan ke bagian samping dari Carrier.

Perjalanan :
Pertama adalah kalian jangan lupa membawa kanebo/kain lap. Fungsinya adalah untuk membersihkan bagian dalam tenda, baik saat tenda sudah dibangun maupun saat akan dibongkar. Terutama untuk membersihkan sesuatu yang basah macam air hujan yang masuk atau minuman yang tumpah.


Kedua, jangan membiasakan masak di dalam tenda. Selain berbahaya, bahan lapisan tenda,terutama yang terbuat dari terpal memang mudah terbakar.


Ketiga, selalu lihat tempat kalian akan mendirikan tenda. Carilah tempat yang datar, dan jika lahan itu berbatu, tidak ada salahnya untuk membersihkannya terlebih dulu. Dan jangan lupa juga, jika merupakan musim hujan, untuk selalu membuat saluran jalannya air di samping tenda. Fungsinya supaya air tidak mengendap/kumpul di bagian bawah tenda.


Keempat, jangan membiasakan diri merokok di dalam tenda. Kenapa? Selain dapat menyebabkan bencana asap di dalam tenda, percikan abu rokok (yang terbang) juga merupakan salah satu sebab terbesar dari bolongan-bolongan kecil di bagian dalam tenda. Selain itu, bau rokok biasanya akan nempel di tenda yang kalian gunakan.

Bongkar Tenda :
Jika memungkinkan cari lahan yang datar, tidak basah, usahakan ada 1 orang sobat yang membantu. Setelah melepas pasak juga melipat bagian outer (luar), bagian inner (dalam) jangan dibongkar dulu. Bersihkan kotoran yang ada di dalam tenda. Caranya, bisa dengan mengangkat tenda ke arah tertentu, terpenting semua kotoran akan mengarah ke arah pintu tenda. Jika ada bekas kotoran cair, segera lap dengan kanebo/lap kering.
Dan jangan lupa juga, membersihkan pasak juga frame, terutama jika sehabis terkena hujan.

Nah segitu aja sob, kurang lebihnya, semoga sedikit bisa bermanfaat. Salam lestari.

 

 

Punya cerita tersendiri saat pendakian? atau cerita misteri saat pendakian? atau memiliki tips/ilmu/pengetahuan soal pendakian? Punya kisah tentang seseorang yang menginspirasi? Memiliki referensi film atau acara televisi yang mungkin akan bermanfaat bagi orang lain, terutama para pejalan? Punya toko outdoor untuk dipublikasikan?  Memiliki kisah perjalanan ke suatu tempat wisata beserta tipsnya? Ada event seperti lari, panjat tebing, navigasi darat (kecuali open trip dan pendakian massal yah).

Punya info tersebut? Mau berbagi ke website kami?
Silahkan untuk mengirimkan materi tulisan ke redaksi kami > urbanhikersmagazine@gmail.com < 
Dimohon jika itu tulisan milik orang lain untuk tidak lupa mencantumkan sumbernya.

.

.

Bagi yang mau mendukung atau beriklan di website, silahkan hubungi

> Phone: (+62) 857-7792-0672 atau kirim email ke : urbanhikersmarketing@gmail.com <


Sumber : instagram @urban.hikers