Wed, Aug 15, 2018 1:00 AM

Tips Mendaki Saat Musim Penghujan

dok. @kojexbolang


#mountpedia Pertama, patut dipahami beragam resiko mendaki saat musim penghujan. Cuaca buruk, angin besar, kabut yang lebih sering dan tentu hujan, yang bisa saja terus menerus menemani sepanjang perjalanan. Nah berikut ada sedikit tips dari kami tentang mendaki ketika musim hujan, cekidot :

SEBELUM JALAN
1. Jangan ragu untuk ngepo-in aplikasi prakiraan cuaca di ponselmu untuk memprediksi cuaca saat kamu mendaki nanti. Saran dari kami adalah www.mountain–forecast.com atau freemeteo.co.id
2.Bisa juga tanya-tanya di akun pendaki lain/grup pendaki. Siapa tahu kan ada yang baru habis dari sana.

PERSIAPAN
1. Selalu bawa baju ganti dan kaos kaki yang kering.
2. Simpan barang bawaan dalam plastik
3. Jas hujan / ponco
4. Kanebo : Untuk mempermudah proses pengeringan sepatu yang basah, bagian dalam tenda yang kemasukan air, atau apapun yang perlu dikeringkan.
5. Flysheet : Untuk jaga-jaga, jika berada di area terbuka atau untuk istirahat sementara. Selain itu berguna untuk melapisi bagian luar tenda.
6. Bekal makanan yang cukup.

DALAM PENDAKIAN

1. Jangan Memaksakan Diri.

Badai, tanah longsor, pohon tumbang, potensi sambaran petir, cuma beberapa dari potensi bahaya mendaki ketika hujan lebat. Kalau merasa tidak yakin akan keamanan perjalanan, lebih baik tidak usah memaksakan diri. Usahakan selalu bertanya kepada penduduk sekitar mengenai kondisi cuaca sebelum melakukan pendakian.
2. Selalu Fleksible
Jika cuaca memburuk selalu fleksible dalam rencana perjalanan. Sangat disarankan untuk langsung buka tenda sambil menunggu cuaca membaik. Saran yang lebih praktis mungkin adalah selalu membawa flysheet atau ponco berukuran besar sehingga bisa digunakan sebagai bivak secara cepat.
3. Segera Ganti Pakaian Yang Basah.
4. Jangan Terlalu Jauh Jika Berjalan Dalam Rombongan
5. Sesaat setelah mendirikan tenda, segera buat minuman hangat. INGAT, jangan pernah membiarkan perut kosong.

Saran sih, jika memang nggak siap-siap banget, lebih baik jangan ragu bilang ya, untuk setiap ajakan mendaki. Tunda dulu saja, hingga musim lebih membaik.

Kurang lebihnya, semoga infonya dapat sedikit bermanfaat. Salam lestari.


Sumber : instagram @urban.hikers